BPJS KESEHATAN KABUPATEN KUBU RAYA GELAR SOSIALISASI APLIKASI ELEKTRONIK DATA BADAN USAHA (E-DABU) BAGI KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA DI KECAMATAN BATU AMPAR

BPJS Kecamatan Batu Ampar

Padang Tikar – Rabu (27/01/2021) di Aula Kantor Kecamatan Batu Ampar, diselenggarakan sosialisasi aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (E-dabu) bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa yang ada di Kecamatan Batu Ampar oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Kubu Raya yang bekerjasama dengan Puskesmas Padang Tikar.

Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari Pemerintahan Desa Kabupaten Kubu Raya, Camat Batu Ampar, Ketua BPJS Kesehatan, serta seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Batu Ampar.

Diawali dengan pemberian sambutan oleh Camat Batu Ampar yang kali ini diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Bapak Edy Karyono, SE dan sekaligus membuka acara sosialisasi Aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (E-dabu) secara resmi. Selanjutnya penyampaian materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Ketua BPJS Kesehatan yaitu Ibu Linda.

Beliau menyampaikan bahwa merupakan kewajiban mutlak penduduk Indonesia dalam kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Berdasarkan regulasi yang berlaku disebutkan bahwa Kepala Desa dan perangkat desa mencakup sekretariat desa, pelaksana kewilayahan, dan pelaksanaan teknis beserta anggota keluarganya wajib didaftarkan ke dalam Program JKN-KIS dan membayarkan iuran.

Pengelolaan kepesertaan JKN-KIS bagi Kepala Desa dan Perangkat desa dilakukan secara kolektif oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten / Kota Setempat melalui Perangkat Daerah sebagai penanggung jawab (PIC) administrasi kepesertaan.

Dikembangkanlah Aplikasi E-dabu oleh BPJS Kesehatan untuk menunjang layanan administrasinya. Dengan adanya aplikasi ini PIC dapat melakukan pendaftaran baru peserta bagi Kepala Desa dan Perangkatnya, pengalihan status peserta, penambahan anggota keluarga, serta pencetakan kartu KIS. Oleh karena itu, Diberikanlah sosisialisasi agar aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Kubu Raya.

Sebelumnya beliau juga menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran dan antusias para peserta sosialisasi.

“Jika selama ini Kepesertaan Kepala Desa dan Perangkat Desa harus diurus dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan, maka sekarang tidak perlu. Kita sudah bisa mengaksesnya langsung dengan aplikasi e-dabu. Maka dampak yang paling besar adalah kita bisa menghemat waktu tenaga dan juga biaya”. Ujar Ibu Linda

Setelah menyampaikan materi sosialisasi tersebut, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu langsung oleh Ibu Linda. Antusias peserta sosialisasi sangat baik, sehingga sosialisasi berjalan dengan aktif dan interaktif.
“semoga implementasi aplikasi e-dabu ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh masing-masing PIC,” imbuhnya. (Fahriza/27/01/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *