Pelaksanaan Asistensi Pelaporan Aset Desa melalui Aplikasi (SIPADES) Tahun 2020

Padang Tikar – Pelaksanaan Asitensi Pelaporan Aset Desa melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) Tahun 2020 yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Kecamatan Batu Ampar, senin 22 maret 2021

Sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa bahwa aset desa merupakan barang milik desa yang berasal dari kekayaan milik desa, dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan perolehan hak lainnya yang sah. Maka dalam pengelolaannya pun dibutuhkan beberapa asas yang meliputi; fungsional, kepastian hukum, transparan, keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas, dan kepastian nilai.

Tujuan pembangunan dan pengembangan aplikasi Sipades diantaranya untuk menertibkan kepemilikan aset sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga meminimalisir resiko hilangnya aset desa. Menertibkan penggunaan aset untuk berdaya guna dan berhasil guna bagi pemerintah dan masyarakat desa. Mempermudah kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa. dan sebagai alat bantu pemerintah desa dalam tata kelola aset yang dimiliki.

Aplikasi SIPADES ini akan dioperasikan oleh Kaur Umum dan TU yang dalam hal ini bertindak sebagai Petugas/Pengurus Barang Milik Desa dibawah koordinir Sekretaris Desa yang bertindak selaku Pembantu Pengelola Aset Desa sebagai Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Aset Desa (PKPAD).

Camat Batu Ampar sangat mengapresiasi dan berterimakasih karena dengan adanya Pengelolaan aset desa yang dikelola oleh staff desa melaui aplikasi SIPADES dapat membantu pemerintah desa dalam tata kelola aset desa.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wib ini dihadiri Rini Kurnia Solehat, S.STP. MA Kabid Bina Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Staff Aset Desa, Kasi Aset DPMD Kabupaten Kubu Raya dan Pengelola Aplikasi SIPADES 15 Desa Se-Kecamatan Batu Ampar. (Fahriza/22/03/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *