TP PKK KECAMATAN BATU AMPAR GELAR PELATIHAN ANYAMAN BAKOL KE TP PKK DESA NIPAH PANJANG

pkk-kecamatan-batu-ampar

Padang Tikar – Salah satu upaya untuk mengembangkan produk-produk unggulan setiap Desa, melalui kerja sama Tim PKK Kecamatan mengadakan Pelatihan Ayaman Bakul dari bahan daun Pandan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Nipah Panjang bersama anggota PKK Desa mengikuti pelatihan Anyaman Bakol. Rabu, 23 Juni 2021.

Dalam kegiatan tersebut Ibu Gusnia dan Ibu Nursiah membagikan segudang pengalamannya dalam pengolahan anyaman bakol yang terbuat dari daun pandan.

Anggota PKK Desa Nipah Panjang diajarkan bagaimana membuat Anyaman Bakol dari proses awal sampai proses Finishing, sehingga menjadi sebuah bakol yang memiliki nilai jual.

Dalam kesempatan ini Ketua TP PKK Kecamatan Ibu Dian Wardianti menyampaikan “Ini merupakan suatu langkah untuk menciptakan dan mengembangkan produk kreatif yang bersumber dari alam yang melimpah disetiap Desa”. Ujar Dian 23/06

“Semoga dengan pelatihan Ayaman Bakol ini dapat menambah skil dan kemampuan dalam mengelolah Anyaman Bakol sehingga dapat meningkatkan perekonomian Ibu-ibu PKK.”

Ibu Gusnia dan Ibu Nursiah yang merupakan masyarakat Desa Padang Satu yang pernah mewakili Kecamatan Batu Ampar dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pariwisata melalui Pengembangan Mutu Anyaman Bakol yang dilaksanakan oleh DEKRANASDA Kabupaten Kubu Raya, Nopember 2020 yang lalu.

Menuturkan, kami sangat senang dan bahagia dapat berbagi pengalaman dalam menganyam bakol kepada ibu PKK Desa Nipah Panjang. Kami senang karena antusiasnya Ibu-ibu disini sangat luar biasa untuk belajar menganyam bakol.

Nurilam anggota PKK Desa Nipah Panjang “kalau dapat, kegiatan macam ginik seringlah diadekan, biar kamek ibu-ibu PKK ni dapat ilmu menganyam bakol. dan terimakasih kepade Ibu Dian, ibu Sa’niah serta ibu-ibu yang telah mengajarkan tentang anyaman bakol kepada kamek, semoge kite bise bertemu dan diajarkan lagi nganyam keranjang pula (sembari ketawa).” pungkas ibu Nurilam dengan logat melayunye. (wantri/23/06/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *